Search This Blog

Wednesday, September 14, 2016

PENGERTIAN EKONOMI MAKRO

Ilmu ekonomi makro (makroekonomi) memperhatikan perekonomian secara keseluruhan. Ilmu ekonomi makro tidak mencoba memahami apa yang menentukan output perusahaan atau industri tunggal atau pola konsumsi rumah tangga tunggal atau kelompok rumah tangga. Ilmu ekonomi makro sebaliknya menelaah faktor-faktor yang menentukan output nasional, atau produk nasional. Jadi, ilmu ekonomi mikro berhubungan dengan pendapatan rumah tangga; sedangkan ilmu ekonomi makro berhubungan dengan pendapatan nasional.

Ilmu ekonomi mikro berfokus pada harga produk dan harga relatif, sedangkan ilmu ekonomi makro memperhatikan tingkat harga keseluruhan dan seberapa cepat (atau lambat) tingkat itu meningkat (atau menurun). Ilmu ekonomi mikro membahas berapa banyak orang yang akan direkrut (atau dipecat) tahun ini di suatu industri tertentu atau di wilayah geografis tertentu, dan berfokus pada faktor-faktor yang menentukan berapa banyak tenaga kerja yang akan direkrut suatu perusahaan atau industri. Ilmu ekonomi makro berhubungan dengan ketenagakerjaan dan pengangguran agregat (secara keseluruhan): berapa banyak pekerjaan yang tersedia dalam perekonomian secara keseluruhan, dan berapa banyak orang yang mau bekerja tapi tak mampu menemukan pekerjaan.

Pengertian ekonomi makro
adalah sebuah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perekonomian sebuah negara secara komprehensif. Dengan kata lain, dalam ilmu ekonomi makro dijelaskan tentang perubahan ekonomi sebuah negara yang berdampak pada masyarakatnya dan pasar.
Masalah makroekonomi utama yang akan dihadapi adalah :
  1. Masalah Pertumbuhan Ekonomi
  1. Masalah Kestabilan kegiatan ekonomi
  1. Masalah Pengangguran
  1.  Masalah kenaikan harga (inflasi)
  1. Masalah neraca perdagangan dan neraca pembayaran
Adapun tujuan mempelajari ilmu ekonomi makro atau makro-ekonomi adalah untuk dapat memahami berbagai peristiwa ekonomi di sebuah negara serta memperbaiki kebijakan ekonomi di negara tersebut. Secara singkat, itulah pengertian ekonomi makro.

 Pengertian Teori Ekonomi Makro Menurut Para Ahli:
1. Budiono (2001)
Menurut Budiono, teori ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari tentang pokok ekonomi, baik jangka pendek maupun jangka panjang meliputi stabilitas dan pertumbuhan perekonomian sebuah negara.
2. Sadono Sukirno (2000)
Menurut Sadono Sukirno pengertian Ekonomi Makro adalah sebuah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang kegiatan utama perekonomian secara komprehensif terhadap berbagai masalah pertumbuhan ekonomi.
Masalah tersebut diantaranya:
  • Pengangguran
  • Inflasi
  • Neraca perdagangan dan pembayaran
  • Kegiatan ekonomi yang tidak stabil
3. Samuelson dan Nordhaus
Menurut Samuleson dan Nordhaus pengertian ekonomi makro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari dan mengamati kinerja perekonomian secara keseluruhan dan komprehensif.
4. Robert S. Pindyck dan Daniel L. Rubinfeld (2009)
Menurut Robert S. Pindyck dan Daniel L. Rubinfeld pengertian ekonomi makro adalah sebuah ilmu ekonomi yang menangani variabel agregat ekonomi, seperti:
  • Tingkat dan rata-rata pertumbuhan produksi nasional
  • Angka pengangguran
  • Suku bunga
  • Inflasi
Tujuan Ekonomi Makro
Ekonomi makro dapat membantu memahami dan menyelesaikan masalah terkait perekonomian, dan juga sebagai alat untuk menentukan arah kebijakan yang akan diambil.
Berikut ini adalah tujuan kebijakan ekonomi makro:
  • Membantu meningkatkan kapasitas produksi
  • Membantu meningkatkan kesempatan kerja pada masyarakat
  • Mengendalikan laju inflasi pada suatu negara
  • Membantu meningkatkan pendapatan nasional
  • Menjaga kestabilan perekonomian
  • Menyeimbangkan neraca pembayaran luar negeri
  • Membantu pemerataan distribusi pendapatan
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara

Ruang Lingkup Ekonomi Makro
Teori ekonomi makro membahas tentang beberapa hal, diantaranya; penentuan kegiatan perekonomian, inflasi, tingkat pengangguran, kebijakan pemerintah, dan hal lain yang berkaitan dengan perekonomian secara keseluruhan.
Mengacu pada pengertian ekonomi makro di atas, berikut ini adalah ruang lingkup ekonomi makro:
1. Penentuan Tingkat Kegiatan Perekonomian Negara
Pada analisis ini, teori ekonomi makro akan menjelaskan sejauh mana suatu perekonomian dapat menghasilkan produk dan jasa. Analisis makro ekonomi ini akan memberikan rincian pengeluaran secara agregat atau keseluruhan, meliputi:
  • Pengeluaran dari rumah tangga (konsumsi rumah tangga)
  • Pengeluaran Pemerintah
  • Pengeluaran perusahaan atau investasi
  • Eksport dan import
2. Kebijakan Pemerintah
Perekonomian suatu negara tidak akan terlepas dari masalah pengangguran dan inflasi. Pemerintah harus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini melalui serangkaian kebijakan, baik itu kebijakan moneter maupun kebijakan fiskal.
Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat atau money suplay dalam perekonomian. Sedangkan kebijakan fiskal merupakan langkah pemerintah dalam mengubah struktur dan jumlah pajak serta pengeluaran yang tujuannya untuk mempengaruhi kegiatan perekonomian.

Kebijakan Makroekonomi
Bentuk – bentuk kebijakan ekonomi yang dapat dijalankan yakni : kebijakan fiscal,kebijakan moneter, dan kebijakan segi penawaran. Kebijakan makroekonomi dilakukan untuk pencapaian tujuan sebagai berikut :
Menstabilkan kegiatan ekonomi
Mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja penuh tanpa inflasi
Menghindari masalah inflasi
Menciptakan pertumbuhan ekonomi yang teguh
Mewujudkan kekukuhan neraca pembayaran dan kurs valuta asing

No comments:

Post a Comment

SOAL UAS GENAP EKONOMI MAKRO

Kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan Inflasi dan pengangguran? Jawaban Pengangguran dan inflasi merupakaan permasalahan ekonomi...