Siapakah yang berkepentingan terhadap strategi organisasi ?
Pihak yang berkepentingan terhadap strategi organisasi adalah :
Internal Perusahaan yang terdiri dari :
- Pemilik Saham
- Karyawan
- Serikat kerja
Eksternal perusahaan terdiri dari :
- Pelanggan
- Pemasok
- Kopetitor
- Pemerintah.
Pembahasan
Strrategi organisasi merupakan cara yang diambil organisasi untuk mencapai tujuannya, sedangkan organisasi merupakan suatu wadah bagi orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama.
Tujuan organisasi merupakan sesuatu yang ingin dicapai dimasa yang akan datang dengan menggunakan organisasi. Tujuan organisasi ini digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan seluruh kegiaan sehingga apa yang diinginkan dapat tercapai.
Dalam menyusun strategi organisasi ada beberapa tahapan yang harus dilalui antara lain yaitu :
- Analisis
- Formulasi
- Implementasi
Sedangkan untuk strategi, ada beberapa dimensi pokok yang harus dipenuhi yaitu :
- Inovasi
- DIfferensiasipasar
- Jangkauan
- Pengendalian biaya
Sedangka tingkatan strategi terdiri dari :
- Strategi korporat (corporate strategy atau corporate-level srtategi)
- Strategi level bisnis (bussiness-level strategi)
- Strategi level fungsional (functional-level strategy).
Serangkaian strategi yang dilakukan dalam pengelolaan organisasi meliputi empat perspektif antara lain :
- Strategi finansial
- Strategi pelnggan
- Strategi proses internal
- strategi learning and grow
No comments:
Post a Comment