Search This Blog

Sunday, May 25, 2014

Menakar Dampak Krisis Politik Thailand Terhadap Ekonomi Indonesia

Jakarta -Posisi Thailand sebagai bagian dari ASEAN cukup strategis bagi Indonesia dari sisi perdagangan, investasi maupun pariwisata dan lainnya. Permasalahan memanasnya suhu politik yang terjadi beberapa tahun terakhir di Negeri Gajah Putih itu, hingga adanya kudeta, berpotensi mempengaruhi dampak ekonomi kedua negara.

Wakil Sekjen Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Franky Sibarani mengatakan pasca kudeta di Thailand memang belum ada laporan resmi dari dunia usaha di dalam negeri terkait terganggunya kegiatan bisnis mereka. Namun secara tak langsung, memanasnya politik akan berdampak bagi ekonomi Thailand.


Franky mengakui posisi Thailand cukup strategis dari sisi perdagangan dengan Indonesia, beberapa produk utama, Indonesia masih harus impor, mulai dari produk otomotif hingga produk pangan. Sehingga jika terjadi sesuatu gangguan di Thailand, seperti masalah politik hingga bencana alam seperti banjir, secara langsung berdampak bagi Indonesia.

"Sekarang ini dampak langsung belum, tapi saya mau kasih contoh saat banjir besar lalu melanda Thailand, dampaknya mobil Thailand masuk Indonesia terhambat. Ekspor kita ke sana juga terhambat," kata Franky kepada detikFinance, Senin (26/5/2014)

Catatan ekspor impor Thailand dan Indonesia selama ini, Thailand lebih dominan alias Indonesia masih defisit perdagangan. Misalnya perdagangan bilateral Thailand dan Indonesia pada periode Januari – November 2013 tercatat sebesar US$ 17,7 miliar, lalu nilai ekspor Thailand ke Indonesia mencapai US$ 10,2 miliar juta, sementara nilai impor Thailand dari Indonesia hanya US$ 7,4 miliar.

Sebagai pembanding, pada 2013 ekspor hasil industri Indonesia ke negara-negara ASEAN US$ 41,8 miliar atau 22% dari total ekspor Indonesia secara keseluruhan ke seluruh dunia. Sedangkan impor dari negara-negara ASEAN sebesar US$ 53,8 miliar atau 28% dari total impor dari seluruh dunia.

"Posisi Thailand ya sangat strategis bagi Indonesia," katanya
 Ia menambahkan, krisis politik di Thailand yang berdampak langsung buat Indonesia antaralain secara berurutan yaitu sektor pariwisata. Pariwisata Indonesia berpotensi mendapat limpahan para turis yang sebelumnya akan ke Thailand, bisa mengalihkan tujuannya ke negara-negara ASEAN lainnya seperti Indonesia.

"Yang diuntungkan dengan turis yang datang ke Indonesia," katanya.

Dampak lainnya sektor perdagangan, kedua negara sama-sama saling membutuhkan produk-produk yang dipasarkan. Misalnya, selain Indonesia mengimpor mobil dan motor, Indonesia juga mampu ekspor produk otomotif, antaralain Toyota berhasil mengekspor komponen silinder head ke Thailand sebesar 39.757 unit di kuartal I-2014.

Namun dari sisi pangan, Indonesia cukup bergantung dengan Thailand. Misalnya selain beras, Indonesia juga harus impor gula, antaralain. belum lama ini Perum Bulog telah merealisasikan impor gula kristal putih (GKP) untuk konsumsi rumah tangga, dari Thailand sebesar 27.000 ton atau 8,2% dari izin yang diberikan 328.000 ton.

Thailand mengungguli Indonesia dalam 12 sektor produk di antaranya makanan segar, makanan olahan, tekstil, kimia, produk kulit, manufaktur dasar, mesin non elektronika, IT dan customer elektronik, komponen elektronik, peralatan transportasi, pakaian, dan lain-lain dan manufaktur.

Selain itu, di bidang Investasi, meski krisis politik di Thailand sudah berlangsung lama, namun masuknya militer ke pusaran politik Thailand secara langsung membuat khawatir investor yang ingin menghendaki kestabilan terutama politik.

"Investor ke Thailand meragukan stabilitas politiknya Thailand," katanya.

Franky tak memungkiri adanya puncak kemelut politik Thailand dengan proses kudeta militer, berpeluang investasi di Negeri Gajah putih itu bakal bergeser ke negara-negara tetangga termasuk Indonesia. Namun Franky tak yakin 'migrasi' investasi itu bakal masuk ke Indonesia secara signifikan.

"Cuma selain Indonesia, investor ada tempat lain yang lebih menarik seperti Vietnam dan Myanmar," katanya.

 Suhendra - detikfinance

No comments:

Post a Comment

SOAL UAS GENAP EKONOMI MAKRO

Kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan Inflasi dan pengangguran? Jawaban Pengangguran dan inflasi merupakaan permasalahan ekonomi...