Search This Blog

Sunday, May 25, 2014

Politik Thailand Memanas, Bisnis Pariwisata RI Bisa Diuntungkan

Jakarta -Kondisi politik Thailand sedang memanas bisa berdampak positif bagi Indonesia. Para turis yang kerap berwisata ke Thailand berpeluang mengalihkan tujuannya ke Indonesia.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menuturkan kondisi ini bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk bersaing di antara negara-negara di ASEAN. Indonesia, Malaysia dan Thailand negara-negara di kawasan yang menjadi tujuan utama wisatawan dunia.

"Kalau ke Singapura, mereka (turis) hanya belanja. Kalau ke Malaysia dia nggak mau datang karena pesawatnya jatuh, Thailand juga sedang konflik. Kalau ini kita bisa tarik. Satu-satunya cuma kita yang bisa di-over kita harus promosi ke sana, special promo supaya dia masuk," kata Sofjan saat dihubungi detikFinance, Senin (26/5/2014).

Sofjan menambahkan, potensi lainnya adalah peralihan investasi yang masuk ke Indonesia. Meski demikian, Sofjan mengatakan, perlu ada usaha lebih keras untuk membujuk investor-investor tersebut agar mau masuk ke Indonesia. Para investor kini tengah menunggu siapa calon presiden Indonesia ke depan.

"Saya pikir belum segampang itu, kita perlu effort yang lebih keras. Nggak bisa cuma karena situasi politik ini," jelasnya.

Ia mengatakan, Indonesia harus bersaing keras dengan Vietnam.Alasannya iklim investasi di Vietnam lebih baik dibanding Indonesia, dilihat dari segi tenaga kerja yang lebih murah.

"Vietnam itu setingkat lebih advance dari buruh kita. Kalau investornya dari Jepang, mereka melihat Indonesia lebih baik karena pasarnya besar. Kalau dari Barat mereka akan melihat Vietnam," tambahnya.

Zulfi Suhendra - detikfinance
(zul/hen)

No comments:

Post a Comment

SOAL UAS GENAP EKONOMI MAKRO

Kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan Inflasi dan pengangguran? Jawaban Pengangguran dan inflasi merupakaan permasalahan ekonomi...