Search This Blog

Sunday, May 25, 2014

BI Ramalkan Inflasi Mei 0,08-0,1%

Jakarta -Setelah terjadi deflasi pada April, Bank Indonesia (BI) memperkirakan hal itu tidak terulang pada Mei. BI meramalkan terjadi inflasi dalam kisaran 0,08-0,1% pada bulan ini.

"Survei minggu kedua dan ketiga belum kita peroleh. Tapi sepertinya inflasi di bulan Mei akan terjadi, bulan lalu kan deflasi," ungkap Agus Martowardojo, Gubernur BI, kala ditemui di gedung BI, Jakarta, Senin (26/5/2014).

Secara bulanan, BI memperkirakan terjadi inflasi sekitar 0,08-0,1% pada bulan ini. "Ini masih konsisten mengarah ke inflasi 4,5% plus minus satu pada 2014," kata Agus.

Tekanan inflasi Mei, lanjut Agus, diperkirakan tidak terlalu berat. Ini karena persediaan produk pangan cukup karena masih ada panen di beberapa sentra produksi.

"Secara umum panen baik membuat koreksi di volatile food. Kita harapkan akan terus terjadi," tuturnya.

Agus menambahkan, BI masih akan menerapkan kebijakan moneter yang cenderung ketat. Ini dilakukan untuk mencapai target inflasi 4,5% plus minus 1 dan transaksi berjalan yang lebih sehat.

"Secara umum Indonesia harus pelihara moneter yang ketat. Ini adalah untuk meyakini bukan hanya inflasi terjaga 4,5% plus minus 1, tapi juga untuk mendorong terciptanya current account yang lebih sehat," jelas Agus.


 Wiji Nurhayat - detikfinance
(wij/hds)

No comments:

Post a Comment

SOAL UAS GENAP EKONOMI MAKRO

Kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan Inflasi dan pengangguran? Jawaban Pengangguran dan inflasi merupakaan permasalahan ekonomi...