Search This Blog

Sunday, May 25, 2014

Kemenkeu: Jepang Rasio Utangnya 180% Saja Belum Panik, RI Baru 24%

Jakarta -Pemerintah menyatakan jumlah utangnya yang mencapai Rp 2.444 triliun per akhir April 2014 masih aman. Apalagi rasio utang terhadap PDB masih mencapai 24%.

Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Robert Pakpahan mengatakan, rasio utang pemerintah tersebut masih aman. Karena Jepang saja yang rasio utangnya 180% dari PDB tidak panik dan tenang.

"Jepang (rasio utangnya) 180%, belum panik juga dia. Di undang-undang itu bilang tidak boleh berutang 60% dari PDB, defisit tidak boleh lebih besar 3% dari PDB tiap tahun. Itu cara menguncinya, ukurannya di situ," jelas Robert di kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (26/5/2014).

Jumlah utang pemerintah Rp 2.444 triliun ini menurut Robert masih aman, karena jatuh temponya rata-rata 9,6 tahun. Utang itu juga tidak kebanyakan, karena rasionya terhadap PDB Indonesia masih 24%.

Penerimaan pemerintah Indonesia yang mencapai Rp 1.600 triliun hingga Rp 2.000 triliun per tahun, jumlah utang tersebut masih bisa dibayar atau dicicil.

Sumber detik.com
Zulfi Suhendra - detikfinance
(dnl/hds)

No comments:

Post a Comment

SOAL UAS GENAP EKONOMI MAKRO

Kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan Inflasi dan pengangguran? Jawaban Pengangguran dan inflasi merupakaan permasalahan ekonomi...