Search This Blog

Tuesday, October 16, 2018

PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Definisi:
Perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama
Perdagangan antara dua negara atau lebih yang saling menguntungkan

A. FAKTOR-FAKTOR PENDORONG PERDAGANGAN INTERNASIONAL
  1. Sumber daya alam (SDA)
  2. Selera
  3. Penghematan biaya produksi (efisiensi)
  4. Tingkat teknologi
  5.  Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri
  6. Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara.
  7. Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi.
  8. Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.
  9. Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain.
  10. Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.


B. MANFAAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL
  1. Memperoleh Devisa
  2. Memperluas Kesempatan Kerja
  3. Menstabilkan Harga-Harga
  4. Meningkatkan Kualitas Konsumsi
  5. Mempercepat Alih Teknologi
  6.  Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri 
  7. Memperoleh keuntungan dari spesialisasi 
  8. Memperluas pasar dan menambah keuntungan
C. HAMBATAN DALAM PERDAGANGAN INTERNASIONAL
  1. Perbedaan Mata Uang Antarnegara
  2. Kualitas SDM yang rendah
  3. Pembayaran Antar negara Sulit dan Risikonya Besar
  4. Adanya Kebijaksanaan Impor dari Suatu Negara
  5. Terjadinya Perang
  6. Adanya Organisasi – Organisasi Ekonomi Regional
 Bentuk – bentuk hambatan perdagangan yang muncul akibat adanya kebijakan ekspor-impor, antara lain:
  1. Tarif atau bea cukai
  2. Kuota Impor
  3. Subsidi
  4. Exchage Control
  5. Peraturan anti-dumping






 

No comments:

Post a Comment

SOAL UAS GENAP EKONOMI MAKRO

Kebijakan pemerintah dalam mengatasi permasalahan Inflasi dan pengangguran? Jawaban Pengangguran dan inflasi merupakaan permasalahan ekonomi...